BORNEO SIBER

Hadiri Aksi Penanaman Pohon, Ini Kata Bupati Sekadau

Aron hadiri Aksi Penanaman Pohon Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto:wn)
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Bupati Kabupaten Sekadau, Aron, menghadiri Aksi Penanaman Pohon Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bertempat di Dusun Engkorong, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau. Selasa, (2/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut hadir Pimpinan PT. Agro Andalan yang dalam Sambutannya mengatakan sangat mendukung dan mensupport adanya kegiatan penanaman pohon ini dalam upaya mengatasi perubahan iklim yang sekarang sudah tidak bisa di prediksi lagi.


"Harapan kami, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa membuat area hutan di sekitar sini bisa tetap terjaga, disamping itu kita juga harus melakukan penanaman di area-area yang lain juga guna menjaga hutan agar tetap lestari karena penanaman pohon ini merupakan salah satu langkah awal untuk kita lakukan bersama dalam hal menjaga hutan di sekitar kita," ujar Imanuel. 


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Sekadau, Aron mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat mendukung adanya kegiatan ini dan Peringatan hari lingkungan hidup sedunia merupakan keputusan majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1972 saat Konferensi  Stockholm dan pada tahun 2024 peringatan hari Lingkungan Hidup mengangkat tema tentang "Penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan". 


"Tema ini dipilih sebagai pengingat sekaligus penyelesaian bahwa Akar masalah iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas," ungkap Aron. 


"Dalam hal ini, saya juga ingin menyampaikan pemulihan lingkungan hidup ini juga merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan, terhadap cuaca ekstrim serta pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak perubahan iklim" Sambungnya. 


"Pelaksanaan aksi penanaman pohon di Dusun Engkorong, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu yang juga merupakan Areal Kerja PT.Agro Andalan, dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus melakukan penataan dan peningkatan luasan areal konservasi yang dimiliki guna menjamin kelestarian ekosistem," pungkasnya. (wn)


Tinggalkan Komentar

Back Next