BORNEO SIBER

Kadis DKPPP Kabupaten Sekadau Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan

Kadis DKPPP, Sandae, Kampanyekan Gemar Makan Ikan. (Foto:Tangkapan layar Madah Kominfo).
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Sekadau melakukan upaya peningkatan angka konsumsi ikan dan penurunan stunting melalui kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan).


"Gemarikan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi pada ibu hamil dan mencegah angka stunting dengan pembagian paket olahan ikan kepada masyarakat potensi stunting, Ibu hamil dan anak- anak balita," ujar Asisten Perekonomian danPembangunan Setda Kabupaten Sekadau, Sandae, di aula Kantor Camat Nanga Mahap, Kamis. (18/07/2024).


la mengatakan konsumsi i kan di Kabupaten Sekadau tercatat masih rendah yang berpotensi dapat menyebabkan stunting pada anak balita dan ibu hamil Oleh karena itu, Pemkab Sekadau gencar melakukan kampanye gemarikan sebagai program strategis Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Sekadau dalam rangka meningkatkan angka konsumsi ikan dan penurunan stunting.


"Kegiatan Gemarikan ini memang terus kami gencarkan beriringan dengan program pengendalian stunting. Pelaksanaan Gemarikan di Kecamatan Nanga Mahap ini akan dilanjutkan ke kecamatan Sekadau Hilir dan Kecamatan Belitang Hilir," kata dia.


Selanjutnya, Sandae berharap dengan kegiatan Gemarikan ini juga bisa memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkaït pentingnya mengkonsumsi ikan khususnya dalam menumbuhkembangkan perkembangan otak bagi anak-anak dan usia dini.


"Ini merupakan bagian dari gerakan stimulus yang tentunya kami berupaya agar bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan masif oleh

masyarakat. Karena tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Sekadau masih cukup rendah," ungkap dia.


la menambahkan kegiatan gerakan makan ikan ini akan meningkatkan angka konsumsi ikan, sehingga akan mendorong pengembangan budi daya ikan di Kabupaten Sekadau.


"Selain meningkatkan animo masyarakat gemar makan ikan, kami juga berharap Gemarikan bisa membantu para kelompok pembudidaya ikan Iebih mudah dalam hal pemasaran," pungkasnya


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Sekadau Ny. Magdalena Susilwati Aron, Camat Nanga Mahap Wilhelmus Pranseda, Kepala Puskesmas Nanga Mahap, Forkopimcam Nanga Mahap, Serta tamu undangan lainnya. (MadahSekadau/Sal/Ht).

Tinggalkan Komentar

Back Next