Aron Serahkan Bibit Sawit pada kelompok Tani di 7 kecamatan di Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau Secara Resmi Serahkan bibit sawit kepada kelompok tani se-Kabupaten Sekadau.  (Foto:Tangkapan layar prokopim Sekadau).
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com -Bupati Sekdau, Aron secara resmi menyerahkan bibit sawit unggul kepada kelompok tani di tujuh kecamatan di Kabupaten Sekadau. Acara serah terima bibit sawit unggul ini berlangsung di Penangkaran Benih IP3K CV. Takashima, Dusun Janang Sebatu Desa Tapang Semadak, Sekadau Hilir pada Kamis, (29/08/2024).


PIt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Sandae dalam sambutannya menyebutkan Bantuan Benih Unggul Kelapa Sawit ini adalah salah satu penterjemahan dari Program Unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau yaitu Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan Untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K).


Menurut Sandae. adapun jenis bibit Kepala Sawit yang diserahkan adalah kategori Pre Nursery varietas DxP TN 1 dari Balai Benih PT. Bakti Nusantara yang berpusat di Kepulauan Riau. Namun dalam hal ini, balai benih tersebut telah bekerjasama dengan CV. Takashima untuk proses pembesaran bibit di penangkaran.


Lebih lanjut dikatatakan Sandae, bahwa Program ini ditujukan kepada Kelompok Tani yang telah terdaftar dalam Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN), anggota Kelompok Tani berdomisili diwilayah Kabupaten Sekadau serta lahan yang diusulkan berada diwilayah Kabupaten Sekadau dan tidak berada didalam kawasan hutan.


"Dari 7 Kecamatan, jumlah usulan yang diterima lebih dari 176 kelompok dengan luas lahan sekitar 3.700 hektar. Selanjutnya usulan tersebut bersama PPL dilakukan verifikasi. Sehingga pada tahun anggaran 2024 terakomodir pengadaan benih unggul Kelapa Sawit Pre Nursery sejumlah 61.620 batang yang akan diserahkan kepada 32 Kelompok Tani di 22 Desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Sekadau, dengan jumlah luasan areal 474 hektar" ungkapnya.


Dengan demikian lanjut Sandae, hingga tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Sekadau telah menyerahkan sejumlah 171.000 batang Bibit Kepala Sawit, dengan luas total 1.021 hektar.


"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa benih unggul adalah kunci dari keberhasilan dalam budidaya Kelapa Sawit. Dengan penggunaan benih unggul dan teknik budidaya yang baik maka produksi kebun sawit akan optimal. Kondisi ini yang diharapkan akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat pekebun," ungkapnya


Dikatakan Sandae, benih Kepala Sawit ini berasal dari varietas unggul yang dikeluarkan oleh produsen benih resmi, dan telah melalui proses sertifikasi dan telah diberi label oleh lembaga yang berkompeten yaitu UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (UPT-SBP) Provinsi Kalimantan Barat.


Semetaran itu Bupati Sekadau Aron menekankan bahwa tujuan program IP3K adalah semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat.


"Bantuan ini adalah stimulus agar petani pekebun dapat membudidayakan Kelapa Sawit dengan baik dan benar, karena kunci keberhasilan pembangunan kebun Kelapa Sawit adalah dengan penggunaan benih unggul. Peningkatan produksi akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sekadau", jelasnya.


Bupati Sekadau mengharapkan program ini pelaksanaannya akan semakin lebih baik lagi. Perlu monitoring dan evaluasi untuk kegiatan sebelumnya dan perlu dilakukan perbaikan pada kegiatan ditahun berikutnya. Selain itu Bupati Aron juga berharap agar kelapa sawit ini dirawat dan dipelihara.

Pemerintah memilih sawit krena sawit adalah komuditas primadona yang nilai bisnya cukup menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. untuk itu bupati berharap agar bibit yang sudah disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau agar ditanah dan jangan dijual.


"Kepada Dinas terkait serta Pengelola BPP dan PPL agar dapat melakukan pendampingan secara teknis dilapangan. Agar bantuan yang diberikan ini dapat terkelola dengan baik dan optimal", harapnya.


Bupati Aron juga mengingatkan bahwa kesuksesan program ini memerlukan komitmen dan kerja keras dari semua pihak. la berharap agar bibit yang diberikan dapat dirawat dengan baik dan menghasilkan manfaat maksimal bagi para petani.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Sekadau, Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, Perwakilan Dandim 1204/Sanggau, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Camat Sekadau Hilir dan Camat Belitang, Pimpinan Bank Kalbar, Kepala UPT Sertifikasi Benih Provinsi Kalimantan Barat serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH) Sekadau. (Madah Sekadau/AS/ Ht)














Tinggalkan Komentar

Back Next