Asisten Perekonomian Sekadau Resmikan Sosialisasi EPSS dan Program Desa Cinta Statistik

Sandae membuka Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cinta Statistik. (Foto :Tangkapan layar Madah Sekadau)
Sekadau Kalbar
, Borneosiber.com - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau Sandae membuka Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Cantik) yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau di Aula Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (8/8/2024).


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Sandae dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menyusun rencana pembangunan, data-data BPS saja tidak cukup serta perlu disandingkan dengan data-data dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Disinilah statistik sektoral memegang peran yang sangat penting dalam mengantisipasi bertambah luasnya kebutuhan akan data sektoral bag
pembangunan," ucap Sandae.

Kemudian la juga mengatakan bahwa pembinaan yang dilakukan BPS melalui kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dan
Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang diselenggarkan pada kesempatan tersebut dapat terlaksana berkat dukungan serta partisipasi dari
semua pihak terkait.

Untuk itu, Sandae berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi Pembangunan Daerah Kabupaten Sekadau dalam Mewujudkan Visi Pembangunan di Kabupaten Sekadau Yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Sekadau, Leila Ayu Zanaria juga menambahkan dalam mengoptimalkan penyediaan kebutuhan data maka diperlukan koordinasi dan kerjasama dalam rangka mendorong terwujudnya Sistem Statistik Nasional(SSN) yang handal, efektif, dan efisien sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997.

"Pembinaan Statistik Sektoral merupakan pembinaan BPS terhadap penyedia data sektoral yang dihasilkan oleh dinas/instansi dengan tujuan untuk menghasilkan data yang berkualitas, kemudahan diseminasi data sektoral, dan meningkatkan pemahaman pengelolaan data statistic," Tegasnya.

Leila menjelaskan, adapun Pembinaan Statistik Sektoral dan Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang dilakukan BPS tersebut bertujuan untuk mengukur pencapaian kemajuan penyelenggaraan statistilk sektoral serta meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimillki desa.(MadahSekadau/Erika/Bastian/Kusnadi/Restu/Ht)

Tinggalkan Komentar

Back Next