Bupati Sekadau Dukung Rekoleksi Pemimpin Umat se-Kabupaten

Aron Hadiri kegiatan rekoleksi pemimpin umat Se-Kabupaten Sekadau. (Foto:Tangkapan layar Madah Sekadau).
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Bupati Sekadau, Aron menegaskan dukungan penuh pemerintah daerah Kabupaten Sekadau terhadap pelaksanaan kegiatan rekoleksi pemimpin umat Se-Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan oleh Dekenat Salib Suci Sekadau di Gedung Kateketik jalan Merdeka Selatan pada Jumat 9 Agustus 2024, kemarin.


Pemerintah daerah Kabupaten Sekadau sangat mendukung kegiatan rekoleksi pemimpin umat ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah daerah terhadap pengembangan kapasitas kepemimpinan yang berbasis pada nilai-nilai spiritual. Saya percaya bahwa melalui rekoleksi ini, para pemimpin umat akan dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan mereka serta mempererat hubungan kebersamaan antar Pemimpin Umat di Kabupaten Sekadau," ujarnya.


Sebut Bupati Aron, berkembangnya Pendidikan dan ilmu pengetahun dikalangan umat Katolik, tidak lepas dari peran para Pastor dimasa lalu, yang mana para misionaris itulah telah mendirikan sekolah-sekolah dan sekarang anak-anak di kampung bisa sekolah dan puji Tuhan dengan pemekaran kabupaten Sekadau dari tahun 2003 hingga sekarang perkembangan umat Katolik sudah banyak dan sangat berkembang.


"Kemajuan umat Katolik dalam bidang pendidikan tidak terlepas dari peran para pastor pada masa lalu," Katanya.


Sehingga sampai sekarang orang-orang Katolik bisa menjadi pegawai negeri dan ada pula yan menjadi pastor. Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Sekadau komitmen untuk membangun tempat-tempat ibadah di Kabupaten Sekadau.


Sementara itu Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng. Cp menyebutkan peran pemimpin umat sangatlah penting disetiap stasi. Menurut Uskup Valen pemimpin umat adalah ujung tombak gereja untuk mewartakan Injil dan menjalankan perintah gereja di setiap stasi-stasi yang ada dikampung-kampung.


"Meski tidak digaji, namun bapak ibu pemimpin umat dengan semangat tetap menjalani tugas sebagai pelayan gereja yang baik" harap Uskup kelahiran Keramuk SP 6 Belitang ini.


Kegiatan Rekoleksi tersebut bertujuan untuk Memahami dan Menghidupi Liturgi dalam Hidup Menggereja. Laporan Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau yang juga ketua Dekenat Salib Suci Sekadau Pastor Martinus menyebutkan parapemimpin yang hadir dalam rekoleksi ini kurang lebih 300 orang dari 7 paroki yang ada di Kabupaten Sekadau.


Acara pembukaan rekoleksi pemimpin umat ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali oleh Uskup sebagai tanda dibukanya kegiatan Rekoleksi pemimpin Umat se- Dekenat Salip Suci Sekadau dan pemasagan kartu peserta oleh Bupati Sekadau tanda bahwa peserta siap mengikuti rangkaian kegiatan rekoleksi.


Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut kepala dinas Sosial Martinus Ridi, Asisten Heronimus, Kasat Pol PP Paulus Ugang, serta undangan lainnya para pastor seDekenat Salib Suci Sekadau. (Madah Sekadau/Ht).


Tinggalkan Komentar

Back Next