Bupati Sekadau Resmikan Pembangunan Pondasi Jembatan Besi Nanga Koman

Aron Hadiri peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Sungai Nanga Koman.  (Foto:ist)
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com – Bupati Kabupaten Sekadau, Aron, hadiri dan melaunching peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Sungai Nanga Koman, Bertempat di Desa Nanga Koman, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau. Senin (12/8/2023).


Jembatan ini diharapkan dapat menjadi solusi transportasi bagi tujuh desa di sekitar wilayah tersebut, serta mendukung kelancaran perekonomian setempat. Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, P. Kamestu, menyatakan bahwa perencanaan pembangunan jembatan ini telah dimulai sejak tahun 2022.


“Tahun ini, dengan pagu anggaran sebesar Rp 1 miliar, pembangunan abutmen pondasi jembatan di satu titik akan dilaksanakan. Pekerjaan ini memakan biaya sebesar Rp 972.276.000 dan dijadwalkan selesai dalam 127 hari kalender,” ujar Kamestu.


Bupati Aron menegaskan bahwa pembangunan jembatan ini merupakan impian warga, terutama bagi masyarakat di beberapa desa di wilayah tersebut. Pada tahun 2023, baru dianggarkan untuk pembangunan pondasi jembatan.


“Selama ini, kendala utama masyarakat di sini adalah akses jembatan, yang menghambat kelancaran perekonomian di daerah bantaran sungai ini,” ungkap Aron.


Bupati juga menambahkan bahwa ke depan, pihaknya menargetkan peningkatan akses jalan menuju Rumah Sakit Landau Apin Nanga Mahap, pembangunan jembatan di Meragun, Kecamatan Nanga Taman, yang didanai oleh Instruksi Presiden (Inpres) pada tahun 2024, serta jembatan dari dana Pasca Bencana di Kiungkang dan ruas jalan Simpang Rirang Jati-Nanga Kiungkang.


“Pemdes Nanga Kiungkang dan Nanga Koman perlu berkoordinasi untuk pembuatan akses jalan tembus, sehingga jembatan ini bisa digunakan ketika sudah selesai dibangun,” tambahnya.


Bupati Aron menekankan bahwa upaya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sekadau terus dilakukan agar semakin baik, maju, dan berkembang.


“Meski masa kepemimpinan kami terbatas, kami berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan Jembatan Koman. Impian kami adalah melihat Sekadau maju, sejahtera, dan bermartabat,” tutupnya.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Handi, beberapa kepala SKPD Pemkab Sekadau, Camat Nanga Taman, Forkopimcam Nanga Taman, Kepala Desa Nanga Koman beserta jajarannya, serta tamu undangan lainnya. (wn)

Tinggalkan Komentar

Back Next