Desa Kumpang llong Raih Status ODF: Tonggak Baru dalam Peningkatan Sanitasi di Kabupaten Sekadau

Aron hadiri acara ODF di Desa Kumpang llong. (Foto:Tangkapan layar prokopim Sekadau).
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Bupati Sekadau, Aron Selasa 13 Agustus 2024 kemarin menghadiri acara Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Kumpang llong Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau, menandai pencapaian penting dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan sanitasi di wilayah tersebut.


Ikut hadir mendampingi Bupati Sekadau Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Daerah Pemnilihan (Dapil) Ill Jepray Raja Tugam, Matius Candra Dawi, Kepala Dinas Kesehatan Hendri Alpius, Kepala Dinas Pendidikan Frans Dawal, Camat Belitang Belitang Hulu Jihon, Camat Belitang Hilir Evodius, Kapolsek Belitang Hulu, Pejabat yang mewakili dinas PMD, Dinas Kominfo, Sat Pol PP, pihak perusahaan, tokoh masyarakat, kepala desa beserta perangkat, pejabat pemerintah setempat dan tamu undangan lainnya.


Untuk diketahui, ODF adalah sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk menghapus praktik buang air besar sembarangan dan menggantinya dengan akses ke fasilitas sanitasi yang layak. Pencapaian ini merupakan hasil dari upaya bersama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai lembaga non-pemerintah yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.


Dalam sambutannya, Bupati Sekadau Aron mengapresiasi kerja keras seluruh pihak seperti Dinas Kesehatan, Kecamatan, Desa, Pihak perusahaan, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain sebagainya yang terlibat dalam mencapai status ODF ini.


"Pencapaian ODF adalah tonggak sejarah bagi Desa Kumpang llong dan merupakan contoh nyata dari keberhasilan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat," ujar Bupati sembari mengatakan ini bukan hanya tentang pembangunan fasilitas sanitasi, tetapi juga tentang membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan.


Bupati juga menekankan pentingnya keberlanjutan program ODF dan mendorong warga desa untuk terus menjaga kebiasaan sanitasi yang baik. "Kita narus memastikan bahwa pencapaian ini tidak hanya menjadi sebuah label, tetapi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," tambahnya.



Acara perayaan ni dimeriahkan dengan berbagai kegiatan termasuk pembagian susu gratis oleh bupati sekadau kepada anak-anak sekolah penyerahan piagam penghargaan kepada pihak pihak yang sudah bekerja keras mewujudkan ODF, pembagian kacamata gratis bagi lansia, Pembagian susu gratis bagi ibu hamil dan acara hiburan.


Pencapaian ODF di Desa Kumpang llong ini lanjut Bupati Aron diharapkan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di wilayah Kabupaten Sekadau untuk mengikuti jejak yang sama dan berkomitmen pada sanitasi yang lebih baik. Upaya ini sejalan dengan visi pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat. (Madah Sekadau/Ht)

Tinggalkan Komentar

Back Next