Hadiri Deklarasi ODF Desa Entabuk, Ini Kata Wakil Bupati Kabupaten

Wabup Sekadau Hadiri ODF Desa Entabuk.  (Foto:Tangkapan layar prokopim Sekadau).
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Wakil Bupati Kabupaten Sekadau, Subandrio menghadiri Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Desa Entabuk, Kecamatan Belitang Hilir. Selasa (3/9/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Sekadau, Subandrio mengatakan dengan telah diselenggarakannya ODF ini semoga Pembangunan di Desa dapat mewujudkan wawasan kesehatan serta Pembangunan lingkungan seperti penyiapan desa sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

"Karena Bebas buang air besar sembarangan atau ODF ini merupakan salah satu dari 5 pilar STBM, Target kita pada 2024 ini harusnya sisa 9  desa yang belum melaksanakan deklarasi ODF, ini bisa terwujud jika ada kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa," ujarnya.

"Dalam hal ini, ODF  juga dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan seperti penyakit diare, thypoid, kecacingan dan lain-lain, karena penyakit tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya kondisi stunting pada bayi," Sambungnya.

"Saya juga berharap dengan telah diadakannya Deklarasi ODF di Desa ini bisa menjadi pemicu serta memotivasi Desa-desa lain yang belum melakukannya agar segera melakukan Deklarasi ODF," pungkasnya.  (wn)

Tinggalkan Komentar

Back Next