Pemerintah Desa Tinting Boyok Selenggarakan Pelatihan Kelompok Tani

Plt Camat Sekadau Hulu Buka Kegiatan Pelatihan kelompok tani untuk mendukung ketahanan pangan. (Foto:ist)
Sekadau Kalbar, Borneosiber.com - Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, mengadakan pelatihan kelompok tani untuk mendukung ketahanan pangan di desa tersebut. Acara ini dibuka oleh Plt Camat Sekadau Hulu, Fransisco Wardianus, yang dikenal sebagai Mejeng. Rabu, (4/9/2024).


Dalam Sambutannya, Plt Camat Sekadau Hulu, Fransisco Wardianus, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan petani mengenai teknik pertanian modern, beralih dari metode konvensional dan pelatihan ini juga sejalan dengan Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yang meliputi Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian, dan Perikanan (IP3K).


"Pelatihan ini bukan karena petani tidak berpengetahuan, tetapi untuk memperkenalkan teknik-teknik baru. Misalnya, dalam perawatan sawit dan pembibitan ikan, yang juga penting untuk mendukung pengentasan stunting serta penyediaan protein dari ikan," jelas Mejeng.


"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat terus meningkatkan produktivitas pertanian dan memperluas jenis bantuan yang diberikan, termasuk bibit padi, ikan, sawit, dan bibit lainnya karena petani ini juga memainkan peran penting dalam mewujudkan swasembada pangan, dengan memanfaatkan potensi lahan yang luas dan meningkatkan produksi padi," ujarnya. 


"Pemerintah daerah dan pusat berkomitmen untuk mendukung sektor pertanian. Melalui pelatihan ini, kami berharap produksi padi meningkat dan mengurangi ketergantungan pada beras dari pasar," pungkasnya. (red/sb/wn)




Tinggalkan Komentar

Back Next